Fungsi penting praktik intelijen

17Sep07

Bismillah

Tujuan intelijen adalah untuk memberi informasi kepada pemerintah: menyatakan kebenaran kepada kekuasaan.

Intelijen melayani dan berada di bawah pembuatan kebijakan. Intelijen ada untuk (1) menghindari kejutan-kejutan strategis (2) menyediakan keahlian jangka panjang (3) mendukung proses kebijakan dan (4) menjaga kerahasiaan informasi, kebutuhan, sumber, dan metode Intelijen juga merupakan tenaga ahli negara  dalam hal metode pengumpulan dan eksploitasi data dan informasi, tetapi pada saat yang sama dalam tingkatan tertentu berfungsi sebagai ahli tentang masalah- masalah tertentu, dan peranannya mencari keseimbangan yang rumit di antara keduanya.

Secara formal, cakupan intelijen tampaknya tidak terbatas karena hanya ada sedikit panduan tentang pokok masalah yang tidak boleh ditanganinya. Namun, ada batasan-batasan tentang hal-hal dimana ia memiliki kewenangan. Ini adalah wilayah dimana intelijen memiliki keunggulan dibanding sumber pengetahuan lainnya, dan ini cenderung terdiri dari gagasan-gagasan yang sumir namun dapat dikenali perihal “keamanan nasional”.

Dalam konteks keamanan nasional inilah wilayah hirauan utama intelijen mencakup resiko aktual maupun potensial tentang adanya perubahan dengan kekerasan, ancaman tentang bahaya tersebut, ketidakstabilan, dan situasi-situasi di mana semua ini terjadi, termasuk semua cara dan metode konflik, penggunaan atau tujuan di balik penggunaannya, kemampuan yang tercakup di dalamnya, cakupan pengembangannya dan ancaman yang ditimbulkannya.

Jadi, jika digunakan dengan benar sebagai garis pertama pertahanan, badan intelijen memberi kontribusi pada kemampuan negara dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bangsa dan rakyatnya, untuk mencapai tata pemerintahan yang baik, dan agar fungsi negara dapat dijalankan dengan efektif serta efisien.

Di tangan pemimpin negara yang bertanggungjawab, intelijen adalah salah satu pendukung utama agar negara dapat menjalankan kewajibannya yang mutlak terhadap rakyat untuk menjamin bahwa ancaman terhadap keamanan dapat diketahui secara dini untuk menghadapinya sehingga, cidera, kematian dan kerusakan dapat dicegah.

Dunia pada abad ke 21 kemungkinan besar akan penuh dengan bahaya-bahaya baru, ditambah lagi dengan banyak hal yang tidak pasti dan tak terduga di banding periode apapun dalam sejarah. Kepemimpinan menjadi lebih rumit dengan banyaknya aktor, sumber krisis, dan cara konflik, semakin meningkatnya interdependensi ekonomi, perkembangan teknologi yang pesat serta keterkaitan yang semakin meningkat dari informasi dan komunikasi, serta dinamika dan kerentanan-kerentanan baru yang ditimbulkannya. Pemerintah harus memahami hal ini agar dapat menanggapinya.

Seringkali ketersediaan pilihan tergantung pada seberapa cepat masalah dapat diidentifikasi. Selanjutnya menentukan pilihan yang tepat tergantung pada pengetahuan tentang kemungkinan konsekuensi dari pilihan tersebut. Begitu suatu rangkaian tindakan dipilih, sangat penting untuk mengetahui kemungkinan dampak-dampak keputusan tersebut, sehingga penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan dapat dilakukan. Bagaimanapun juga, membuat pilihan yang benar akan tergantung pada kualitas informasi yang tersedia.

Jadi, pembuatan keputusan dan kebijakan yang berbasis informasi membutuhkan intelijen, penilaian dan peringatan yang memadai. Hanya bila pembuat keputusan dan kebijakan eksekutif puncak -beserta para penasihat dan penyusun rencananya- benar-benar memiliki informasi yang memadai tentang keadaan dunia, kemungkinan perkembangan yang terjadi dan ancaman yang nyata dan potensial, bahaya, resiko serta kesempatan yang tersedia, barulah mereka dapat diharapkan untuk membuat pertimbangan yang baik tentang keamanan internal dan eksternal, pertahanan nasional dan hubungan luar negeri.

Pengetahuan yang mendalam tentang situasi strategis, perkembangan yang mungkin dan berpeluang besar terjadi, resiko, bahaya, ancaman dan kesempatan, merupakan prasayarat untuk (1) mendefinisikan kepentingan nasional (2) mengembangkan kebijakan keamanan yang tangguh dan strategi nasional dan militer yang baik (3) menentukan misi angkatan bersenjata dan pasukan keamanan dan (4) menetapkan doktrin serta penerjemahannya dalam operasi. Lebih jauh lagi, pengetahuan, rencana darurat, dan peringatan tepat waktu adalah prasyarat untuk pengelolaan krisis nasional yang efektif dan efisien.

Badan intelijen menyediakan dasar untuk pengetahuan di atas. Mereka juga setiap saat harus dapat memberi peringatan tentang krisis yang mengancam dan mendeteksi kemungkinan kejutan, bahaya, ancaman maupun serangan sebelum terjadi. Untuk kekuatan militer yang kecil, fungsi peringatan ini menjadi semakin penting. Waktu yang cukup dibutuhkan untuk menyesuaikan kekuatan pertahanan, bilamana rekonstitusi penuh akan diperlukan lagi. Peringatan yang sangat dini menjadi suatu kebutuhan.

Perkembangan yang cepat dari lingkungan strategis, politis dan ekonomi sejak perang dingin berakhir telah mendorong usaha pencarian informasi tentang isu keamanan yang memang harus dilakukan oleh pemerintah. Dengan berkurangnya ancaman militer konvensional, bahaya dan resiko baru sehubungan dengan proliferasi, globalisasi dan destabilisasi telah meningkatkan tantangan-tantangan keamanan, membuat penilaian menjadi semakin rumit, perkembangan lebih tidak dapat diduga, dan krisis serta konflik lebih sulit untuk diperkirakan. Dengan meningkatnya resiko dan bahaya transnasional, keamanan nasional semakin tergantung pada stabilitas regional dan global serta solidaritas antar bangsa-bangsa yang berpikiran sama.

Karena jarak geografis tidak lagi menjamin keamanan yang diperlukan, negara-negara harus mepengaruhi konflik dan krisis dan semakin memusatkan perhatian pada kebijakan keamanan dan luar negeri demi pencegahan konflik, pengelolaan krisis, tanggapan terhadap krisis serta pemeliharaan perdamaian sambil berkoalisi dengan mereka yang mampu dan mau.

Wallahu alam.

About these ads


No Responses Yet to “Fungsi penting praktik intelijen”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: