Intelijen gaya baru di era informasi

10Oct07

Bismillah

Desakan arus informasi membuat internet kini menjadi satu opsi yang tak terelakkan untuk berhubungan dengan pihak lain. Selain kecenderungannya biaya lebih murah dan lebih efektif, juga lebih cepat ketimbang sarana telekomunikasi lainnya seperti telegram, fax, telpon dll.

Internet, cikal-bakalnya diawali dengan kemunculan ARPAnet yang merupakan kakek buyut internet modern lahir pada sekitar tahun 1960-an . Konsep untuk memperluas teknik input informasi dari publik yang akan memperkaya analisa intelijen belumlah terpikirkan karena kakeknya internet ini memang hanya eksis secara di tertutup di kalangan militer dan intelijen Amerika . Tentu saja pemikiran tersebut sangat minor di dalam dinamika perang dingin dan tingkat kerahasiaan yang tinggi. Akhirnya ARPnet hanya dipergunakan sebagai NCP (Network Control Protocol) dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi antara instalasi militer dan khususnya yang terkait dengan instalasi bom nuklir.

Meski demikian Charles M. Herzfeld sudah menganjurkan untuk memperluas jaringan minimal secara nasional yang ditujukan untuk interaksi para peneliti dan penyelidik yang terpisah secara geografi. Agar mereka bisa berkomunikasi dan mempercepat komunikasi serta peningkatan ilmu pengetahuan melalui pertukaran data antar lembaga penelitian seperti universitas. Jadi jauh lebih terbuka dan progresif dibandingkan kalangan militer yang penuh kerahasiaan.

Pertukaran data pertama terjadi antara UCLA and Stanford Research Institute. Desakan dari kalangan akademisi dan non military figures inilah yang kemudian memisahkan sistem internet militer (MILnet) dari internet yang kita kenal sekarang, hal ini terjadi pada tahun 1983. Segera setelah terjadi proses pengamanan yang intensif dan MILnet berkembang lebih ke tingkat/level/coding akses yang rumit, internet publik berkembang mengarah pada simplifikasi penggunaan. Pada tahun 1986, sebuah LAN yang merupakan turunan dari sebuah sistem komputing jaringan bernama NSFnet (National Science Foundation Network) lahir. Pada tahun 1990 APRA mati dan sistem NFS menjadi inti dari internet modern yang kita gunakan sekarang.

Pada periode awal 1990-an, badan-badan intelijen Amerika sudah mulai memikirkan apa yang menjadi kebijakan Negroponte sekarang, karena intelijen dan militer institusi yang paling awal mengenal dan mengetahui kemampuan sistem komputer jaringan. Pada saat itu juga proyek propaganda sudah mulai berbarengan dengan proyek B-BETA yang bertujuan memperkuat basis-basis bisnis yang lebih luas bagi perusahaan software asal Amerika yang berspesialisasi dalam OS, Virus dan Anti Virus dan piranti lunak lainnya.

Dengan kehandalan internet ini, maka dapat kita yakini bahwa Intelijen telah lama memanfaatkan pengumpulan informasi melalui jaringan internet, namun melalui mekanisme yang lebih mirip dengan sadap telepon atau sekarang kita kenal dengan spyware. Spyware modern sangat efektif dalam mencuri kode sandi pengguna internet khususnya yang berkaitan dengan internet banking system. Bahkan peer to peer yang kita kenal belakangan juga merupakan mekanisme untuk mengambil data tanpa disadari oleh seseorang yang terkoneksi. Tentunya program yang mereka miliki berbeda dengan yang kita gunakan secara bebas melalui download gratisan.

Maka dari itu, internet menjadi pilihan bagi intelijen gaya baru yang memiliki dana terbatas, kesempatan yang sempit, bahkan bagi seorang ‘pengecut’ yang tidak berani eksis sebagai intel di dunia nyata. Amerika sendiri merangkul pihak Google untuk keperluan intelejen mereka. Maka tak salah lagi berkat internet lah bertaburan intelijen gaya baru, namun keotentikan hasil sadapannya perlu dicek dan ricek lebih lanjut secara seksama, karena bisa jadi informasi yang didapatkannya hanyalah palsu belaka.



No Responses Yet to “Intelijen gaya baru di era informasi”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: